Kondisi 4 Titik Tanggul Jebol di Sungai Wulan Tertutup. Nana : Saat Ini Proses Penguatan

banner 468x60

JURNALPEMALANG.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana mangatakan, kondisi 4 titik tanggul jebol di Sungai Wulan di Kabupaten Demak sudah berhasil ditutup, dan saat ini dalam proses penguatan.

Hal itu disampaikan Nana usai mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan tinjauan kondisi Kabupaten Demak pascabanjir, Jumat (22/3/2024).

“Saat ini sudah ditutup, dan bisa dikatakan tinggal penguatan saja,” katanya.

Nana menyampaikan, selama proses penguatan tanggul, tetap akan melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau rekayasa cuaca.

Menurutnya, hal tersebut sudah dikomunikasikan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG).

“Untuk pelaksanaan rekayasa cuaca, ini akan dilaksanakan sampai dengan tanggul ini betul-betul siap, dan tanggul ini sudah betul-betul diperkuat. Setelah itu baru nanti rekayasa cuacanya dicabut,” ujarnya.

Nana menilai, rekayasa cuaca yang dilaksanakan beberapa hari ini mampu mengurangi debit air di wilayah terdampak banjir. Selagi dengan itu, penyedotan air di wilayah banjir juga dilakukan, agar cepat surut.