Secara Bertahap DPUPR Mulai Perbaiki Jalan Menuju Wisata

banner 468x60

JURNALPEMALANG.ID – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Batang mulai memperbaiki infrastruktur jalan utama menuju destinasi wisata di Kabupaten Batang.

Kepala Bidang Prasarana Jalan dan Jembatan, DPUPR Batang Endro Suryono mengatakan, beberapa titik jalan yang berpotensi rawan kemacetan dan kecelakaan secara bertahap diperbaiki.

Menurutnya, akses menuju obyek wisata menjadi perhatian DPUPR. Sebab, itu untuk meminimalisir kecelakan saat arus libur lebaran nantin.

“Yang jadi perhatian kami di wilayah Bandar hingga Gerlang. Karena saat ini masih ada lubang-lubang kecil yang perlu ditambal atau diperbaiki, supaya pemudik atau wisatawan tetap nyaman berkendara menuju obyek wisata,” kata Endro di ruang kerjannya, Kamis (21/3/2024).

Ia menambahkan, di wilayah lain seperti Limpung, Subah, Bawang, dari Unit Pelaksana Teknis DPUPR sudah mulai bergerak untuk melakukan perbaikan akses menuju obyek wisata.

“Itu salah satunya, tapi secara menyeluruh akses-akses jalan krusial untuk aktivitas pendidikan, kesehatan dan perekonomian menjadi prioritas kami. Namun secara umum, akses jalan kabupaten bagi pemudik saat ini jauh lebih aman karena sudah ditunjang oleh akses jalan tol,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Disparpora Batang Yarsono menerangkan, menjelang libur Idulfitri 1445 H, Disparpora telah menyebarkan edaran petunjuk kepada pengelola wisata agar lebih mempersiapkan infrastruktur penunjang sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) di tempat wisata.

“Pengelola harus memastikan kelayakan wahana, kewaspadaan musim hujan, gelombang laut, longsor, banjir dan bencana alam lainnya. Dengan mengedepankan sikap ramah dalam pelayanan serta menerapkan SAPTA PESONO,” jelasnya.