Tingkatkan Daya Literasi Masyarakat, Pemkab Rembang Gelar Pemilihan Duta Literasi

banner 468x60

JURNALPEMALANG.ID – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Rembang menggelar pemilihan Duta Literasi. Pemilihan itu digelar untuk meningkatkan daya literasi pada masyarakat Rembang.

Kepala Dinarpus Kabupaten Rembang Achmad Sholchan mengatakan, pendaftaran pemilihan Duta Literasi dibuka sejak 17 April hingga 2 Mei 2024.

Persyaratan yang harus dipenuhi peserta, di antaranya warga Kabupaten Rembang berusia 16 sampai 21 tahun dan bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Ini tindak lanjut dari pelantikan Bunda Literasi di 14 kecamatan. Nah, ini kita mau menyinergikan (Bunda Literasi dan Duta Literasi) untuk mengampanyekan daya literasi di masyarakat. Nantinya apakah itu melalui media sosial, bekerja sama dengan PKK maupun banyak pihak, nanti bisa dengan berbagai cara,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, daya literasi anak-anak sebagian masih ada yang asas kemanfaatannya untuk diri sendiri terbilang sedikit. Karena itu, kata dia, hat tersebut yang akan ditekan oleh Dinarpus.

Tes tertulis, lanjutnya, akan dilaksanakan tanggal 7 Mei dan pengumuman 6 besar pada 10 Mei 2024. Kemudian pelaksanaan grand final tanggal 16 Mei 2024.

“Mereka ada yang memanfaatkan daya literasi hanya untuk kesenangan dan hiburan. Potensi-potensi seperti itu yang akan kita manfaatkan, agar literasi ini bisa bermanfaat untuk mereka, baik itu manfaat kemajuan teknologi maupun perekonomian,” pungkasnya. ***