Putaran Kedua Sub PIN Polio Digelar, Seremonial Kick Off Imunisasi Polio Dilakukan di Pemalang

banner 468x60

JURNALPEMALANG.ID – Putaran kedua pemberian Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-PIN) Polio pada anak usia 0-7 tahun secara serentak digelar di Jawa Tengah, Senin (19/2/2024).

Seremonial kick off imunisasi polio, dilakukan di Balai Desa Banjardawa, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang yang dipimpin oleh Penjabat Ketua TP PKK Jateng Shinta Nana Sudjana, serta Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Jateng Ema Rachmawati.

Turut hadir pada kesempatan itu, Bupati Pemalang Mansur Hidayat, Chief of Java Field Office UNICEF Arie Rukmana, Ketua TP PKK Pemalang Santi Rosalia, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng Yunita Dyah Suminar, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Jateng Retno Sudewi.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Ema Rachmawati mengatakan, program Sub PIN Polio ini merupakan ikhtiar untuk mencegah sebaran penyakit polio.

Selain itu, imunisasi polio juga sebagai ikhtiar untuk mencegah stunting. Sebab, hal itu berkaitan karena imunisasi berperan menjaga daya tahan anak terhadap penyakit, dengan imun kuat, pertumbuhan anak diharapkan optimal.

Program pemberian Sub PIN Polio dilakukan, karena di Jateng ditemukan kasus seorang anak di Klaten yang terdeteksi polio setelah berkunjung ke Jawa Timur.

“Satu kasus polio ini dianggap kejadian luar biasa. Jadi, penting bagi kita semua, yang memiliki anak di bawah lima tahun jangan lupa untuk memberikan imunisasi, baik polio, BCG, dan sebagainya,” ucap Ema mewakili Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana.

Ia membeberkan, orang tua di Jateng terlihat sangat antusias membawa anaknya ke posyandu atau layanan kesehatan untuk mendapatkan vaksin.